Iklan

7 Negara Yang Menjalankan Tradisi Mudik Selain Indonesia

7 Negara Yang Menjalankan Tradisi Mudik Selain Indonesia

7 Negara Yang Menjalankan Tradisi Mudik Selain Indonesia, Ulasan Postingan kali ini Blog Segitiga Akan Coba berbagi Judul Artikel tentunya sesuai Judul yang telah kami share diatas, yang mana info ini semoga bisa bermanfaat buat kamu semua, Adapaun artikel ini Bersumber dari blog sahabat yang bisa kamu temukan sumber artikel di akhir nanti, Silahkan Baca lebih detail dibawah ini.

Fenomena mudik di Indonesia (foto: Wonderful Indonesia)

Tradisi mudik di Indonesia memang sudah bukan hal asing lagi saat menjelang Idul Fitri. Jutaan masyarakat Indonesia akan melakukan mudik ke kampung halaman beberapa hari sebelum perayaan besar umat Islam ini. Dengan demikian mereka bisa merayakan lebaran bersama keluarga dengan penuh suka cita.

Fenomena mudik di Indonesia bisa dikatakan yang terbesar di dunia mengingat penduduk Indonesia yang sebagain besar adalah beragama Islam. Walaupun tradisi mudik lebih identik dengan perayaan orang muslim, namun mudik juga dilakukan menjelang perayaan agama lain.

Selain di Indonesia, fenomena mudik juga ada di beberapa negara lain. Tujuannya sama, yaitu untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Berikut negara-negara yang menjalankan tradisi mudik dari berbagai penjuru dunia.

7. Malaysia

Negara tetangga juga menjalankan tradisi mudik menjelang Idul Fitri tiba. Jika di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan mudik, maka di Malaysia tradisi mudik lebih dikenal dengan sebutan "balik kampung". Sama halnya dengan di Indonesia, penduduk Malaysia yang melakukan mudik adalah mereka yang merantau ke kota untuk bekerja.

6. Turki

Idul Fitri di Turki lebih dikenal dengan sebutan Bayram. Mereka juga melakukan tradisi mudik agar bisa kumpul bersama keluarga di kampung halaman. Selain itu, mereka akan mengenakan pakaian baru dan saling menjabat tangan ketika Idul Fitri sudah tiba.

5. Pakistan

Jutaan warga Pakistan akan memenuhi arus lalu lintas menjelang Idul Fitri. Sama halnya dengan di Indonesia yang selalu mengerahkan ribuan polisi untuk melancarkan lalu lintas, di Pakistan juga melakukan hal yang sama.

4. Bangladesh

Tradisi mudik juga ada di Bangladesh. Di negara ini, mudik sudah menjadi kewajiban bagi mereka yang ingin merayakan lebaran bareng keluarga di kampung halaman. Beberapa hari sebelum Idul Fitri tiba, arus lalu lintas di negara ini sudah dipenuhi para pemudik, baik dari jalur darat, laut atau udara.

3. China

Tahun lalu, tercatat ada sekitar 18 juta penduduk China yang beragama Islam. Jadi tak heran kalau tradisi mudik juga ada di negeri Tirai Bambu ini. Selain menjelang Idu Fitri, tradisi mudik juga dilakukan penduduk China menjelang perayaan tahun baru Imlek untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

2. India

Setiap bulan Oktober atau November, penduduk di India merayakan perayaan Festival of Lights atau Diwali. Sama halnya dengan Idul Fitri, beberapa hari sebelum perayaan ini tiba, penduduk India berbondong-bondong pergi ke kampung halaman mereka. Selain itu, warga muslim di India juga ramai melakukan mudik menjelang Idul Fitri tiba.

1. Arab Saudi

Menjelang Idul Fitri, penduduk Arab Saudi yang kebagian menerima tamu akan mendekorasi rumah mereka seindah mungkin. Mereka juga akan menyajikan hidangan lezat untuk menyambut kerabat-kerabatnya yang sedang melakukan mudik.

Sejumlah perayaan juga digelar dalam rangka memeriahkan hari besar umat Islam ini, seperti mengadakan pagelaran teater, pertunjukan musik atau parade.

Baca Selengkapnya

demikianlah artikel mengenai 7 Negara Yang Menjalankan Tradisi Mudik Selain Indonesia yang telah Kami berikan untuk sobat sekalian. dan tidak lupa saya ucapkan banyak terimakasih kepada sumber artikel

0 Response to "7 Negara Yang Menjalankan Tradisi Mudik Selain Indonesia"

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *