Iklan

Bantu Proklamasi Kemerdekaan RI, Bagaimana Nasib Laksamana Maeda?

Bantu Proklamasi Kemerdekaan RI, Bagaimana Nasib Laksamana Maeda?

Bantu Proklamasi Kemerdekaan RI, Bagaimana Nasib Laksamana Maeda?, Ulasan Postingan kali ini Blog Segitiga Akan Coba berbagi Judul Artikel tentunya sesuai Judul yang telah kami share diatas, yang mana info ini semoga bisa bermanfaat buat kamu semua, Adapaun artikel ini Bersumber dari blog sahabat yang bisa kamu temukan sumber artikel di akhir nanti, Silahkan Baca lebih detail dibawah ini.

Laksamana Muda Maeda Tadashi (foto: Wikipedia)

Laksamana Muda Maeda Tadashi adalah seorang perwira tinggi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang pada masa Perang Pasifik. Dia pernah membantu Indonesia dalam mempersiapkan kemerdekaan dengan mempersilahkan rumahnya sebagai tempat penyusunan naskah proklamasi.

Setelah Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya, Jepang harus angkat kaki dari tanah air. Lantas bagaimana nasib Laksamana Maeda setelah membantu mempersiapkan kemerdekaan RI?

Laksamana Maeda ditangkap sekutu dan dijebloskan ke penjara hingga tahun 1947. Dia dianggap sebagai pengkhianat sekutu karena telah membantu mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, negara yang diincar sekutu.

Menurut putra Laksamana Maeda, Nishimura Maeda, sepulangnya ke Jepang, ayahnya masuk ke Mahkamah Militer. Dari situ awal mula Laksamana Maeda memutuskan menjadi rakyat biasa.

"Setelah kembali ke Tokyo, ayah saya menghadapi pengadilan Mahkamah Militer," kata Nishimura, seperti dilansir detik, Minggu (16/8/2015).

Kebetulan Nishimura sedang berada di Jakarta dalam agenda Napak Tilas Proklamasi yang diadakan di museum di bawah Ditjen Kebudayaan, Kemindikbud itu. Dia juga mengaku telah dihubungi komunitas Majapahit sejak beberapa tahun yang lalu.

Nishimura menjelaskan bahwa ayahnya dinyatakan tidak bersalah oleh Mahkamah Militer. Meskipun demikian, ia lebih memilih mundur dari dunia militer dan menjadi rakyat biasa.

Baca Selengkapnya

demikianlah artikel mengenai Bantu Proklamasi Kemerdekaan RI, Bagaimana Nasib Laksamana Maeda? yang telah Kami berikan untuk sobat sekalian. dan tidak lupa saya ucapkan banyak terimakasih kepada sumber artikel

0 Response to "Bantu Proklamasi Kemerdekaan RI, Bagaimana Nasib Laksamana Maeda?"

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *